“API PENTAKOSTA KETIGA SEDANG TERCURAH!”

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, Pada tanggal 17-20 Juli yang lalu di SICC diadakan konferensi Empowered 21. Ada berapa banyak yang hadir pada waktu itu? Mari, sebelumnya saya akan menyampaikan pesan Tuhan bagi kita semua, kita akan melilhat cuplikan dari nubuatan Cindy Jacobs:

“Tuhan beritahu saya, kamu sudah melewati banyak ujian dan banyak kesulitan. Engkau sudah melewati ujian dengan baik. Engkau sudah lulus ujian kerendahan hati. Engkau sudah lulus ujian pengorbanan. Engkau sudah lulus ujian hidup yang tidak mementingkan diri sendiri. Aku sudah menuntut banyak hal darimu, anak-Ku. Sekarang Tuhan katakan ini, Aku pilih William Seymour dan saat ini untuk menjadi pembawa pesan dari Pentakosta Ketiga, AKU MEMILIH ENGKAU! Roh Kudus, aku mengurapi hamba Tuhan pembawa pesan ini, aku mengurapinya untuk Pentakosta ketiga! Tuhan katakan, engkau akan berubah menjadi orang yang berbeda. Engkau akan masuk ke musim yang lebih besar, semua yang telah engkau lakukan sebelumnya dalam pengurapan dan pengaruh, Tuhan katakan, sekarang engkau akan dipakai ke seluruh dunia. Tuhan katakan, ini adalah waktunya! Haleluya! Bunyi (suara) dari Pentakosta akan dari timur ke barat, dari utara ke selatan, penuhi dengan banyak pujian dan penyembahan, baptisan Roh Kudus….”

Pada waktu Tuhan Yesus akan naik ke sorga dengan disaksikan oleh murid-murid-Nya, ketika itu Tuhan Yesus memberikan pesan yang terakhir kepada murid-murid-Nya. Ada berapa banyak murid-murid Tuhan Yesus di tempat ini? Berarti itu pesan untuk kita juga! Kisah Para Rasul 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Setelah itu Tuhan Yesus naik ke sorga, lalu apa yang dilakukan murid-murid-Nya? 120 murid pergi ke Yerusalem dan mereka tinggal di kamar loteng. Kenapa mereka melakukan itu? Sebab Tuhan Yesus sendiri yang berkata kepada mereka, “Kamu jangan tinggalkan kota ini, jangan tinggalkan Yerusalem sebelum kamu diperlengkapi dengan kuasa dari tempat tinggi.” Itulah yang mereka lakukan!

Kisah Para Rasul 1:14a berkata, “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama,…” Ini prinsip Pondok Daud, ini prinsip Menara Doa! Mereka terus melakukan itu dan pada hari yang ke-10, pada hari raya Pentakosta, tiba-tiba terdengarlah seperti tiupan angin keras melanda tempat itu. Mereka semakin bersungguh-sungguh berdoa, kemudian tampaklah lidah-lidah seperti nyala api hinggap kepada mereka masing-masing dan mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Murid-murid Tuhan Yesus mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa seperti apa yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Itu adalah bahasa roh! Setelah itu murid-murid Tuhan Yesus dipakai Tuhan secara luar biasa! Saudara, peristiwa ini saya sebutkan dengan Pentakosta Pertama. Pentakosta pertama ini dahsyat, mengapa? Karena dalam kurun waktu 100 tahun, 70% dari dunia yang dikenal waktu itu, yaitu dunia di bawah pemerintahan Kekaisaran Romawi itu menjadi Kristen. Pentakosta pertama itu dahsyat!

Saudara, kalau ada Pentakosta pertama pasti ada Pentakosta kedua. Kita sebagai orang Pentakosta percaya bahwa Pentakosta kedua itu terjadi di Azusa Street – Los Angeles, Amerika Serikat yang dimulai tahun 1906. Seorang hamba Tuhan berkulit hitam yang bernama William Seymour dipakai Tuhan secara luar biasa. Pentakosta kedua ini dahsyat, mengapa? Kekristenan sekarang ini sekitar 30% dari populasi dunia, dimana 70% nya dari 30% tersebut dimenangkan sejak peristiwa di Azusa Street. Peristiwa Azusa Street, pencurahan Roh Kudus pada waktu itu saya sebutkan sebagai Pentakosta Kedua. Itu dahsyat!

Tahun 1909, William Seymour yang dipakai Tuhan bernubuat bahwa “100 tahun ke depan Roh Kudus, kemuliaan Tuhan akan dicurahkan lebih dahsyat dari Pentakosta yang kedua.” Kapankah 100 tahun dari tahun 1909 itu? Hari-hari ini! 

Saudara, awal tahun 2009 Tuhan  berbicara kepada saya melalui Wahyu 3:11, “Aku datang segera! Aku datang segera!” Saudara, saya sudah terlalu biasa mendengar kata-kata, tetapi  hari itu ketika Tuhan berbicara kepada saya, saya gemetar! “Tuhan, ada apa  ya, Tuhan? Apa yang akan Tuhan kerjakan? Apa yang harus kami kerjakan?” Namun Tuhan tidak menjawab. Tetapi pada pertengahan tahun 2009 Tuhan berbicara kepada saya, “Aku akan mencurahkan Roh-Ku! Kalau Aku mencurahkan Roh-Ku maka akan terjadi seperti Yoel 2:28-32.”

1. Anak-anak, pemuda, orang tua akan dipakai Tuhan secara luar biasa.

2. Mujizat-mujizat juga akan terjadi luar biasa.

3. Goncangan juga terjadi luar biasa.

Melalui 3 tanda ini maka Yoel 2:32 akan terjadi, yaitu akan banyak orang yang berseru kepada nama Tuhan dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan, mereka akan diselamatkan!

Saudara, hal itu terjadi pada tahun 2009, kemudian kita oleh Tuhan diperkenalkan kepada gerakan Empowered 21 dimana ini sangat relevan dengan apa yang saya dapatkan karena itu berbicara tentang apa yang akan Roh Kudus kerjakan ke depan ini. Nah, singkat cerita tahun 2013 diadakan Empowered 21 Asia yang kedua di SICC, setelah saya diproses oleh Tuhan sekitar 6 bulan sebelum itu dimana saya dibersihkan semua oleh Tuhan. Saya tidak tahu kenapa, tetapi setelah pesan Tuhan datang kepada saya, saya baru mengerti bahwa saya dipersiapkan untuk ini. Dua hari sebelum Empowered 21 Asia di SICC, Tuhan berbicara kepada saya, “Niko, yang Aku maksudkan selama ini dengan pencurahan Roh Kudus itu adalah Pentakosta yang ketiga!” Pentakosta yang ketiga ini dahsyat seperti yang dikatakan oleh Wiiliam Seymour tadi. Roh Kudus, kemuliaan Tuhan akan turun lebih dahsyat dibandingkan dengan pencurahan Roh Kudus di Azusa Street. Tuhan katakan, “Ini namanya Pentakosta ketiga!” dan itu terjadi hari-hari ini. Ini adalah masa penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang untuk kali yang kedua.

Saudara, saya terus memperkatakan ini dimana-mana dan tidak peduli apakah orang setuju, tidak setuju atau mengkritik saya. Pokoknya saya tidak peduli dan terus bicara! Saya ingat pada tahun 2015 di hadapan para ketua sinode dunia Gereja Pentakosta di Yerusalem saya bicara soal ini. Mereka diam dan tidak menyangkal bahwa ini salah, tetapi saya tahu mereka saling menguji. Namun waktu itu saya terus bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, berikan gambaran bagaimana Pentakosta ketiga untuk Indonesia itu?” Tuhan tidak menjawab ketika itu dan baru Tuhan jawab tahun lalu (tahun 2017) melalui orang lain, yaitu pendeta dari Australia yang bernama Russell Evans dari Gereja Planetshakers yang sekarang lagu-lagunya dinyanyikan oleh jutaan orang di dunia. Gereja ini tidak sampai 50 meter dari gereja kita. Dia adalah teman saya yang juga ada di Empowered 21.

Tahun yang lalu Russel Evans mendapat penglihatan tentang Indonesia dan dia umumkan dalam  sebuah konferensi tentang apa yang dia lihat. Secara singkat yang saya tangkap adalah Api Roh Kudus sedang dicurahkan di Indonesia. Tiba-tiba muncul awan-awan lalu ada angin yang bertiup membawa awan-awan yang dari Indonesia, awan kemuliaan Tuhan keluar dari Indonesia dan itu ke bangsa-bangsa. Dan dia melihat jutaan anak-anak muda berkobar dalam Api Roh Kudus. Berdasarkan ini Tuhan menyuruh saya tahun yang lalu, “Adakan Empowered 21 Asia dan juga dari bangsa-bangsa lain akan datang, tanggal 17-20 Juli 2018. Aku akan mencurahkan api Roh Kudus, Pentakosta ketiga!”

Saudara, kita mempersiapkan diri dan saya terus mempersiapkannya karena Tuhan sedang bicara. Tetapi orang-orang akan melihat tentunya, “Benar tidak ya apa yang Pak Niko katakan? Benar tidak ya?” Pasti seperti itu, tetapi saya tidak peduli, yang mau percaya biarlah percaya, yang tidak percaya juga tidak apa-apa, pokoknya saya akan terus.

Saudara, ternyata apa yang terjadi itu benar! Kita memasuki Tahun Permulaan Yang Baru, Pentakosta yang baru, yaitu Pentakosta yang ketiga! Saudara, bangsa-bangsa datang, hamba-hamba Tuhan dari Indonesia yang bukan hanya dari kalangan Pentakosta juga datang kesana dan mereka dilawat Tuhan luar biasa. Dan kesimpulannya, baik hamba-hamba Tuhan dari luar negeri maupun dalam negeri, mereka yang sudah biasa ke konferensi Internasional berkata bahwa belum pernah terjadi yang seperti ini! Saudara, itu harus terjadi sebab kalau sama berarti ini bukan Pentakosta yang baru. Tetapi Tuhan buktikan bahwa ini benar adalah Pentakosta yang baru, Pentakosta yang ketiga!

Saudara lihat tadi, hamba-hamba Tuhan pada waktu itu mengkonfirmasikan bahwa ini benar, kita memasuki Pentakosta yang baru. Dan Saudara lihat tadi Ibu Cindy Jacob ketika dia menyampaikan, “Kalau dulu Aku pilih Willliam Seymour, tetapi sekarang Aku pilih kamu!”, perkataan ‘kamu’ ini, bukan untuk pribadi melainkan itu artinya kita semua. Amin!

Saudara, tugas pokok yang Tuhan berikan kepada saya, yang berarti Gereja ini,  adalah sebagai messenger (utusan) dari Pentakosta ketiga. Itu akan keluar negeri serta kemana-mana dan supaya Saudara tahu 3 hari setelah itu saya ke Amerika. Untuk apa? Saya harus mengikuti pemilihan Council of Eighteen daripada Church Of God, dan saya mewakili Saudara dipilih kembali untuk yang ketiga kalinya. Kalau saya boleh cerita tentang Church of God, Church of God ini umurnya sudah lebih dari 130 tahun dan mereka sudah ada di 185 negara dan daerah teritorial. Jadi hampir di semua negara itu ada, ini sudah berbicara tentang seluruh dunia. Nah, siapa Council of Eighteen itu? Council of Eighteen ditambah dengan 5 orang dari Executive Committee, yang berarti 23 orang dalam Executive Council, itu adalah pemegang keputusan yang tertinggi untuk Church of God. Jadi apa yang akan dilakukan oleh Church of God diputuskan oleh 23 orang ini, termasuk saya yang mewakili Saudara ada di sana. Dan saya tahu waktu ketua umumnya datang ke sini, dia mendapat impartasi pengurapan Api Pentakosta yang ketiga. Ketika pulang, saya tidak pernah mengira bahwa Church of God akan berubah seperti itu. Mereka tadinya tidak begitu banyak berbahasa roh, tetapi saya menjadi ‘tukang dobraknya’ dimana selama 4 tahun saya duduk di Council of Eighteen atau selama 2 periode. Dan sekarang Tuhan tambahkan 1 periode lagi dimana saya tahu tugasnya itu apa, yaitu sebagai Messenger Pentakosta Ketiga.”

Saudara, ada kesaksian-kesaksian yang luar biasa setelah Empowered 21. Salah satunya yang saya terima dari Transformation Connection Indonesiaatau Kemitraan Bagi Transformasi Bangsa. Mereka memberikan saya laporan melalui Pdt. Iman Santoso. Kita tahu bahwa Pdt. Iman Santoso bukan orang Pentakosta dan timnya juga bukan orang-orang Pentakosta saja. Mereka memberikan laporan seperti ini:

“Urapan baru. Setelah pertemuan akbar di SICC – Sentul, beberapa orang diantara kami dipimpin oleh Tuhan untuk mengunjungi sebuah kota di Sulawesi. Setibanya di kota itu, sudah berkumpul para pendeta dari hampir seluruh denominasi gereja. Dari pembicaraan informal diantara orang Sulawesi ini terkesan ada luka-luka di hati mereka satu terhadap yang lain. Setelah penyembahan, puji-pujian dan Firman Tuhan disampaikan, terjadilah lawatan Tuhan atas semua orang yang hadir. Banyak yang mengalami jamahan Tuhan yang luar biasa dan mereka mengakui sendiri dosa-dosa mereka dan mau bertobat. Selain pertobatan, terjadi pula pemulihan hubungan dan saling melayani satu dengan yang lain. Sampai sekarang gerakan ini terus berlangsung. Anak-anak pun dijamah oleh Tuhan dalam kelompok doa anak-anak. Puji Tuhan!”

Waktu di Amerika Tuhan berkata kepada saya, “Nanti kamu minggu kedua ini, kamu urapi…” dan saya akan mengurapi Saudara satu-persatu.

Api Pentaksota ketiga sedang dilepaskan saat ini, apa yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga, belum pernah timbul dalam hati akan Saudara terima. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Khotbah Bapak Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo

JCC, 12 Agustus 2018

Pastor's Message

Live Streaming

Audio Streaming

 

Copyright © 2003 - 2017 - Gereja Bethel Indonesia, Modernland - All Rights Reserved

Join Our Facebook  

Visitors :