Hidup Dipimpin Oleh Roh Kudus

“Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh ROH kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin ROH ALLAH, adalah anak ALLAH.” (Roma 8:13-14).

Di Era kemuliaan TUHAN ini, kita tidak bisa “main-main” lagi dengan cara hidup kita. Kita harus sungguh-sungguh hidup dipimpin oleh ROH KUDUS.  Hari ini kita akan belajar bersama 2 (dua) ciri hidup yang dipimpin oleh ROH KUDUS:

1.   Hidup yang senantiasa dipenuhi ROH KUDUS.

“Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak TUHAN. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan ROH ...” (Efesus 5:15-18)

Beberapa tanda orang yang hidupnya senantiasa dipenuhi ROH KUDUS:

a. Banyak berbahasa Roh.

Orang yang berbahasa roh belum tentu senantiasa dipenuhi ROH KUDUS, tapi orang yang senantiasa dipenuhi ROH KUDUS pasti banyak berbahasa roh. Kisah 2:4

b. Hidup Kudus.

Orang yang dipenuhi ROH KUDUS adalah orang yang hidupnya telah diubah oleh pengaruh ROH KUDUS dan firman, sehingga dia menjadi orang yang suka akan kekudusan. Karena dipenuhi ROH KUDUS, dengan sendirinya orang tersebut tidak menyukai hal yang palsu, yang tidak benar, yang tidak suci, dan yang menyeleweng. Semua hal yang tidak beres akan dia singkirkan. Karena ROH KUDUS memenuhi dirinya, maka tidak ada sesuatu yang tidak kudus yang boleh berada di dalam dirinya.

c. Lapar dan Haus akan Firman TUHAN.

Orang yang dipenuhi ROH KUDUS adalah orang yang hatinya dipenuhi dengan firman dan segala hikmat Tuhan yang tersimpan di dalam kekayaan firman-Nya. Jadi, ROH KUDUS dan firman tidak bisa dipisahkan karena ROH KUDUS adalah Roh kebenaran.  Demikianlah yang terjadi dengan Jemaat mula-mula, mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul (bertekun dalam Firman Tuhan).  Kisah 2:42a

2.    Hidup yang Tidak mengikuti cara-cara dunia.

Dunia berusaha supaya kita mengikuti cara-cara dunia, kita harus berhati-hati untuk tidak ikut cara dunia. Cara-cara dunia itu artinya hidup dalam kedagingan.  Apa saja yang dimaksudkan dengan kedagingan?  Galatia 5:19-21.

Ketika kita percaya kepada TUHAN YESUS, ROH KUDUS masuk dalam hati kita, dan hati kita diperbaharui. Pikiran kita pun diperbaharui. Kita menjadi ciptaan yang baru di mana kita mempunyai keinginan dan emosi yang baru, tetapi sifat yang lama itu masih aktif dan tidak otomatis hilang! Itu tetap ada! Inilah yang terus bertempur dengan roh yang ada di dalam kita. Iblis akan terus berusaha menyeret kita mengikuti perbuatan daging, itulah sebabnya kita harus mematikan perbuatan daging. Mematikan perbuatan daging bukanlah masalah 1–2 jam, melainkan seumur hidup! Inilah yang namanya peperangan rohani. Kita harus betul-betul berusaha dan mau tekun untuk mematikan perbuatan-perbuatan daging. ROH KUDUS yang akan membantu kita. Yang penting dari pihak kita adalah : ada kemauan.

“Maksudnya ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan ROH dan keinginan ROH berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh ROH, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.” (Galatia 5:16-18)

Orang yang hidupnya dipimpin oleh ROH KUDUS dan tidak mengikuti cara-cara dunia pasti memiliki hati yang taat untuk mengikuti apa yang TUHAN inginkan.

“Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. ROH-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.” (Yehezkiel 36:26-27)

Sumber dari Bahan Suplemen Cool bulan Agustus Minggu 1 tahun 2012

Pdp. Suratmi Trisnadi S.Pdk

Pastor's Message

R3news

Live Streaming

Audio Streaming

 

Speaker

acara

Copyright © 2003 - 2017 - Gereja Bethel Indonesia, Modernland - All Rights Reserved

Join Our Facebook  

Visitors :