BERTEKUN DALAM PENDERITAAN

“Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.”  Wahyu 2:19

Tuhan menegur jemaat di Tiatira karena pemimpin jemaatnya membiarkan seorang nabiah Izebel (sebuah nama yang sinonim dengan penyembahan berhala dan penganiayaan) mengajar dan menyesatkan jemaat dengan pengajarannya, yang mengajarkan bahwa perzinahan dan perbuatan amoral tidak akan mempengaruhi keselamatan. Perbuatan amoral tentu saja merupakan kekejian di mata Tuhan, karena Tuhan menghendaki kehidupan yang kudus dari umat-Nya, sehingga segala bentuk perzinahan rohani maupun fisik merupakan bentuk penyelewengan terhadap diri-Nya.

Tuhan menyamakan penyesatan pengajaran itu sebagai perzinahan secara rohani, karena apa yang diajarkan oleh nabiah Izebel itu pada akhirnya membuat banyak jemaat di Tiatira melakukan perzinahan secara fisik, perbuatan amoral, dan mereka telah mengganti ibadah kepada Allah dengan penyembahan berhala.

Sebagian besar jemaat di Tiatira dan bahkan pemimpinnya sendiri mengikuti ajaran nabiah Izebel itu,  tetapi setelah kita lihat ternyata tidak semua jemaat di Tiatira mengikuti ajaran itu, masih ada sebagian jemaat yang tetap bertekun mempertahankan imannya untuk hidup dalam kebenaran. Kita pasti dapat merasakan apa yang jemaat Tiatira alami pada saat itu. Ketika mereka memutuskan untuk hidup dalam kebenaran tetapi di saat bersamaan mereka berada di dalam lingkungan jemaat yang hidupnya amoral dan kompromi dengan dosa, jiwa mereka pasti akan menderita. Mereka dimusuhi dan dikucilkan di dalam jemaat karena tidak mengikuti cara hidup sebagian besar jemaat di Tiatira yang kompromi dengan dosa.

Tetapi itulah sebenarnya yang menjadi bukti kesungguhan pengabdian mereka kepada Kristus ketika mereka rela menderita karena tetap berpegang teguh kepada kebenaran.

Lot juga pernah merasakan hal yang sama ketika dia hidup di kota Sodom, di mana semua penduduknya hidup dalam dosa amoral.

“ tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti

read more

Pastor's Message

R3news

Live Streaming

Audio Streaming

 

Featured Speaker

Information

Copyright © 2003 - 2017 - Gereja Bethel Indonesia, Modernland - All Rights Reserved

Join Our Facebook  

Visitors :